Memulai bisnis online bagi pemula.




Memulai bisnis onlinE memang hal yang bisa dilakukan semua orang. setiap bisnis tentunya akan memiliki resiko namun bisnis juga kan memberikan peluang dan kesempatan yang besar untuk sukses.sebagAi seorang bloger saya sendiri telah menekuni bisnis online dengan membuat tulisan sederhanA yang dapat memberikan ide dan gagasan dalam hal baru ,tentunya semua mengenai bisnis yang ujung ujung nya adalah uang.

NAMUN JIKA KITA INGIN SUKSES DI BISNIS ADA FAKTOR PENTING.

Faktor yang paling penting dalam memulai usaha baik itu bisnis offline dan bisnis online yaitu kita memiliki 'ETIK  BISNIS. Hal ini sangat perlu bagi yang benar benar memahami sebuah peluang,selain itu sikap perduli dan empati juga perlu. Perduli terhadap orang dan relasi bisnis,perduli terhadap lingkungan baik dampak kecil seperti kebersihan dan lain sebagainya.

Memulai bisnis online memang baik dan sangat bagus ,namun adapun beberapa hal yang perlu kita tau yaitu membangun aset secara jangka panjang.ini yang belum semua orang memahami . jika kita memulai bisnis online ada beberapa hal yang bisa dilakukan:



1.Membuat website ,dengan membeli domain dan hosting yang berbayar agar data data yang kita miliki aman.

2.Fokus membangun suatu bisnis secara konsisten,sebagai contoh jika kita menjual produk misal pisang goreng, kita bisa memulai dengan langkah pertama bisa jual menggunakan media social media seperti facebook,twetter,instgaram.line. Namun secara jangka panjang hal penting memiliki sebuah website untuk mengenalkan kepada seluruh dunia tentang produk pisang tsb.pengalaman penulis dibidang ini sebagai praktisi dan konsultan bisa efektif berhasil  dengan media online dan offline sebagai store. jika keduanya seimbang dalam menjalakan step by step di bulan ke 3 atau hari ke 100 biasanya sudah mendapatkan hasil. Ini untuk bisnis skala kecil atau home made,kuliner,yang ada dirumah bisa meminilamlan biaya sewa. Namun untuk promosi bisa menggunakan websiste sebagai  Brand apa yang akan kita kenalkan kepada seluruh dunia.memang tahap awal lingkungan sekitar.

3.Memberikan service dan pelayananan yang baik kepada setiap customer,penentuan target customer juga sangat perlu dalam peningkatan penjualan atau sales. sehingga saat target kita tepat tingkat klosing akan semakin besar.

4.Memberikan reward kepada setiap karyawan dan dilakukan edukasi ,training dan pengembangan skill sesuai dengan bidangnya.

5.Pelayanan yan baik dan memberikan hadiah sebagai contoh promo di hari tertentu ,misal potongan harga atau diskon.di haru hari besar atau momentum spesial.

6. Mengumpilakn data base setiap pelanggan baru atau lama. dalam online bisa menggunakan email markeing jika akan info sebagai cara efektif memberikan update informasi kepada setiap customer


Bisnis offlinE saat ini perlu namun juga harus diimbangi dengan Online agar bisa balance dan mengikuti trend di Era Digital yang selalu update.baik skala lokal dan skala Global. Hal Ini yang memang dibangun untuk jangka panjang ,menciptakan bisnis jika diawali dengan modal kecil di immbangi dengan tehnik global sesuai dengan perkembangan gaya hidup dan trend saat ni


Mengikuti workshop,hal diatas baru sebagian cara dalam bisnis.Adapaun yang paling utama ialah bagiamana kita bisa mencipatkan bisnis yang kita miliki tanpa harus memantu setiap saat. Sitem bisnis sangat pening agar tingkat keberlangsungan usaha yang dimiliki berhasil dan slalu ada progres serta kemajuan setiap saat baik skala ASET atau secara manfaat bagi lingkungan kita serta kepada setiap Customer yang ada/

 Jakarta ,Bendungan Hilir  30 Agustus 2018

Komentar